[RIDDLE SOLVED!] LUGEN

Oke, karena FF ‘Lugen’ adalah FF ber-genre riddle atau misteri, maka disini aku akan memberikan jawaban tersembunyi yang ada di fanfiction tersebut! Baca baik-baik ya, jangan ada yang kelewatan ^-^

YANG PERLU DIPERHATIKAN;

1. Judul

2. Sumarry (ringkasan pada bagian awal fanfiction)

3. Watak dan perilaku tokoh (Seung Min dan Yunhyeong)

4. Kata atau kalimat dalam fanfiction tersebut, ada beberapa yang termasuk clue.

5. Perhatikan percakapan atau obrolan mereka.

6. Jika hal diatas sudah kalian perhatikan dengan seksama maka kemungkinan besar asumsi atau dugaan kalian benar.

CLUE;

1. Judul

→ Judul tentu sangat berpengaruh terhadap keseluruhan cerita. Pertama, judul fanfiction ini adalah ‘Lugen’ yang artinya ‘berbohong’ dalam bahasa Jerman.

2. Sumarry

→ “Ibumu pasti senang kau memberikan kejutan padanya,” dari sumarry yang dituliskan sudah jelas bahwa yang dititik beratkan dalam fanfiction ini adalah ibu Seung Min. Ada apa dengan ibu Seung Min? Nanti akan kujelaskan beberapa nomor dibawah.

3. Seung Min membeli flower bucket

→ Dalam fanfiction ini Seung Min membeli sebuah flower bucket yang diperuntukkan ibunya yang sudah meninggal. Apakah di dalam fanfiction disebutkan bahwa ibu Seung Min meninggal? Jawabannya tidak. Tetapi terdapat clue yang menyebutkan bahwa ibu Seung Min sudah meninggal;

a) Sedetik kemudian air muka Yunhyeong berubah, “Kau ingin memberikannya pada ibumu?” 

– Dalam dialog tersebut ekspresi Yunhyeong berubah menjadi heran diikuti dengan sebuah pertanyaan. Karena Yunhyeong tahu jika ibu Seung Min sudah meninggal dan ia mendapati Seung Min membeli bunga yang diperuntukkan untuk ibunya.

b) Lidah Seung Min terasa kelu untuk menjawab.

– Kalimat ini menandakan bahwa Seung Min tidak ingin menjawab pertanyaan Yunhyeong yang menyinggung masalah ibunya.

c) “Tidak apa. Setidaknya aku masih memiliki seseorang –walaupun itu hanya kau yang dapat kupercaya disini,”

– Percakapan Seung Min tersebut menandakan bahwa ia tidak memiliki siapa-siapa lagi kecuali Yunhyeong di tempat itu. Perhatikan kalimat “–walaupun itu hanya kau yang dapat kupercaya disini,”

d) Seung Min menatap benda di genggamannya selama sepersekian detik sebelum akhirnya menatap lawan bicaranya yang sedang sibuk menyobek sebungkus gula pasir, “Aku takut kegelapan,”

– Percakapan Seung Min “aku takut kegelapan,” mengarah pada tempat peristirahatan terakhir ibunya yaitu pemakaman yang cenderung gelap jika malam hari. Setting waktu pada saat itu adalah senja yang tidak memungkinkan Seung Min untuk menjenguk ibunya hari itu juga.

e) “ –Ngomong-ngomong, cepat berikan bunga itu pada ibumu sebelum layu,”

f) “Mengapa? Aku akan menemanimu jika ini terlalu malam,”

– Dua point diatas sengajak kubuat untuk menjerumuskan pembaca dalam kebingungan. Pasti pembaca akan bingung apa maksud percakapan mereka karena aku nggak menjelaskan secara detail. Tapi itulah letak clue nya, pembaca dituntun untuk menebak apa maksud percakapan mereka.

4. Kesibukan Yunhyeong

→ Dalam fanfiction ini TIDAK disebutkan bahwa kesibukan Yunhyeong adalah suatu ‘pekerjaan’.

a) Yunhyeong membetulkan posisi duduknya –yang nyaris melorot dengan agak gusar, “Ah iya terimakasih,” ucapnya singkat. Lantas jemarinya meraba bulu di tengkuknya yang mulai meremang.

– Perhatikan kalimat diatas dengan seksama. Yunhyeong mendadak gusar dan tidak nyaman saat Seung Min membicarakan kesibukannya. Diperkuat dengan kalimat “Lantas jemarinya meraba bulu di tengkuknya yang mulai meremang.”

b) “Yeah coba kau pikir, kau harus datang pagi dengan tepat waktu sambil menggunakan pakaian formal. Selama disana kau hanya duduk dan berhadapan dengan atasan bodoh yang suka mengurusi kehidupanmu. Sesudahnya kau pulang dengan tangan hampa dan esoknya kau kembali lagi dengan rentetan peristiwa yang sama,” 

– Coba perhatikan dialog Yunhyeong diaatas. Apakah sudah menemukan apa kesibukan Yunhyeong? Jika ada yang menjawab Yunhyeong adalah tahanan maka kurang tepat. Kesibukan yang dimaksud adalah TERSANGKA suatu tindak kriminal lebih tepatnya kasus pembunuhan ibu Seung Min. Yang dimaksud ‘atasan’ dalam dialog tersebut adalah seorang hakim. Jadi kesibukan Yunhyeong disini adalah keluar masuk kantor pengadilan.

5. Dialog Yunhyeong

a) “ –Juga aku tidak punya banyak waktu untuk itu,”

b) “Sudah kubilang aku tidak memiliki banyak waktu, Seung Min-a,”

– Dari dialog Yunhyeong diatas menimbulkan tanda tanya besar. Jika pembaca berasumsi bahwa Yunhyeong akan mati itu benar. Yunhyeong akan dieksekusi mati jika benar-benar menjadi tersangka pembunuhan ibu Seung Min. Dialog itu juga menggambarkan bahwa Yunhyeong memang benar-benar bersalah dan dia mengakuinya.

c) “ –Aku sudah lama tidak bertemu ibumu, aku merindukannya,” 

– Disini Yunhyeong terkesan memaksa dan menginterupsi Seung Min untuk bertemu dengan ibunya hari itu juga. Dialog tersebut mempunyai maksud yang tidak tersirat secara gamblang, Yunhyeong ingin pergi ke pemakaman ibu Seung Min untuk terakhir kalinya karena esoknya ia akan dieksekusi.

Jadi kesimpulannya; Yunhyeong adalah tersangka dari kasus pembunuhan ibu Seung Min. 

Silahkan kalian tebak apa yang menyebabkan Yunhyeong membunuh ibu Seung Min. Tidak ada batasan jawaban. Karena sekali lagi, jawaban dari sebuah riddle tidak terbatas dan semua readers bebas untuk berasumsi!

With love,

dxadza a.k.a thehunlulu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s